Seminar “How to Build a Cullinary Business?”

Food & Beverage (F&B) atau makanan dan minuman bisa dibilang merupakan kategori bisnis paling populer di tengah masyarakat, terlebih di tengah kalangan wirausahawan muda. Alasannya sederhana, selama masih ada manusia yang memiliki kebutuhan pokok pangan, selama itulah bisnis makanan dan minuman akan memiliki pelanggan. Populasi besar yang dimiliki Indonesia tentunya adalah keuntungan yang menjadikan pasar bisnis kuliner seakan tidak ada habisnya. Mulai dari bisnis dengan model waralaba, kemitraan, ataupun inovasi makanan dan minuman kekinian.

Hari Jumat 22 Desember 2023 Pusat Karir mengundang salah seorang entrepreneur kuliner di Malang “Bagoplek” yaitu William Nathanael pada seminar “How to Build a Cullinary  Business”. Menurut William, dalam bisnis agar awet, pengusaha perlu memperhatikan :

  1. Kualitas
  2. Konsistensi rasa
  3.  Harga

Salah satu prinsip William dalam menjalankan bisnisnya adalah selalu merasa CUKUP, sehingga jarang melakukan perubahan harga.

Awal memulai bisnis, William memulai dari pre-order sambil kuliah, setelah lulus rencana berhenti usaha dan kerja kantoran.  Tetapi dengan berjalannya waktu, ternyata William bisa membuka outlet dimana-mana. Awalnya mencari jenis makanan yang sedang digemari dengan harga terjangkau. Bagoplek itu sendiri singkatan dari Bakso GOreng Kompleks. Karena dijualnya di komplek perumahan sekitar rumah William.

Saat ini Bagoplek memiliki inovasi yaitu B2C (Bagoplek 2022). Dan akhirnya merambah ke B2B (Di bisnis Foreca, dan merambah unit usaha lain di 2023)

 

Semoga menginspirasi..