Seminar “Perkuat Potensi Diri dengan MSIB 6”

Pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat batch 6 tahun 2024 telah dibuka. Oleh karenanya, Pusat Karir melakukan sosialisasi MSIB 6 ini dengan menghadirkan 3 pembicara yaitu :

  1.  Ibu Widanarni mewakili Kepala Program Studi
  2.  Ibu Rina Irawati mewakili Pusat Karir
  3.  Kak Dhaniswara mewakili peserta MSIB 5, 2023

Adapun acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 di ruang Seminar. Peserta yang hadir adalah mahasiswa semester 5 yang sudah diperbolehkan mendaftar di platform Kampus Merdeka.

Menurut Bu Widanarni, MSIB memberikan pengalaman yang berbeda daripada peserta yang tidak mengikuti program MSIB. Konversi maksimal adalah 20 SKS.  Untuk prodi akuntansi (Accounting Research Methodology) jika mengambil program MSIB diusahakan belajar secara otodidak. Untuk prodi Manajemen ada 21 sks, maka akan ditranskripkan pada SKS jika mengambil program MSIB.

Sedangkan bu Rina mengatakan bahwa magang adalah belajar ke perusahaan dengan bekerja disana. Sedangkan Studi Independen adalah belajar kasus yang dipecahkan bersama. Adapun proses pendaftaran MSIB 6 ini berbeda dengan tahun2 sebelumnya, dimana semua pendaftaran, pencetakan surat rekomendasi dan surat SPTJM dilakukan secara digital.

Alur pendaftaran baru adalah :

  1. Peserta mendaftar ke laman Kampus Merdeka
  2.  Kaprodi selaku penanggung jawab akan memeriksa berkas lamaran mahasiswa dan mengecek kebenaranny.
  3. Informasi tsb disampaikan ke Wakil Ketua 1 untuk memberi rekomendasi, apakah mahasiswa ybs layak mengikuti MSIB atau tidak.
  4.  Setelah diputuskan direkomendasikan, baru mahasiswa dapat memproses ke tahap berikutnya

Sedangkan Dhaniswara menjelaskan testimoni kesan dan pesan saat menjalani magang bersertifikat di PT Metro Mendunia. Betapa banyak hal-hal yang didapat dari magang ini, terutama menjaring relasi baru dan praktek langsung di lapangan dari teori yang telah diterima di kampus. Selain mengasah softskills, juga memupuk team work yang luar biasa.

Semoga menginspirasi dan dapat memotivasi adik-adik agar mendaftar di MSIB 6.