Seminar “Digital Banking di Era Industri 5.0”

Pada hari Jumat, 22 Oktober 2023 Pusat Karir mengadakan seminar dengan tema “Digital Banking di Era Industri 5.0” dengan narasumber alumni 1990 sekaligus Area Manager Bank Mandiri Malang, Ibu Siti Nurul Azizah, SE., MM. Seperti diketahui saat ini perkembangan perbankan sudah sangat pesat dan modern, ditunjang dengan digitalisasi pada semua sistemnya sehingga lebih mempermudah nasabah melakukan transaksi.

Menurut ibu Nurul, Covid 19 adalah faktor yang mendorong percepatan tranformasi digital perbankan. DImana mulai dilakukan online conference, food delivery, school and work from home, online shopping, dan digital payment. Sehingga membuat perubahan dalam hal digital behaviour, yaitu pergeseran dari physical economy menjadi virtual economy. Dan hal ini mengakibatkan terjadinya transformasi di industri perbankan, yaitu : percepatan proses digital bisnis, going beyond innovation dan effective, efficient, and productive work.

Dari uraian di atas, maka terbentuklah Digital opportunity berupa : adanya potensi demografis, potensi ekonomi dan keuangan digital, peningkatan penetrasi internet, dan potensi peningkatan konsumen. Sejak itu maka masyarakat memiliki kepemilikan perangkat yaitu : mobile phone (98.3%), laptop (74.7%), tablet (18.5%) dan smart watch (13.3%). Mereka pun memiliki perilaku baru yaitu menggunakan mobile apps untuk : chat apps (96.5%), Media sosial (96.3%), shop apps (96.3%) dan banking apps (39.2%).

Perkembangan teknologi yang cepat telah membawa kehidupan masyarakat dunia memasuki era baru yang sering disebut ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Era ini ditandai dengan berkembangnya berbagai inovasi teknologi seperti internet of things (IoT), Cloud Computing, Artificial Intelligent (AI) dan machine learning.   Dari situ maka muncullah revolusi industri perbankan yang meliputi :

  1.  Perubahan ekspektasi konsumen
  2.  Peningkatan kualitas produk dan layanan menggunakan data (data-enhanced products)
  3. Kemunculan kemitraan baru dengan financial technology dan big technology companies
  4.  Perubahan model bisnis dari konvensional menjadi digital

Semoga bermanfaat..