Webinar QuBisa “Pentingnya Mental Health dalam Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”

Narasumber dan moderator webinar QuBisa

Persiapan mental, dengan mental yang stabil dan terjaga akan membuat kita menjadi produktif dalam bekerja. SUdah tahukan cara mempersiapkannya? Nah, untuk menjawab itu maka lakukan persiapan mental yang tepat. Pusat Karir dan QuBisa Goes to Campus mengadakan webinar dengan topik “Pentingnya Mental Health dalam Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”. Pembicaranya adalah Tio Nugroho seorang Human Resource and Public Speaker, dan Siswo Cahyono, SE sebagai wakil alumni angkatan 2001 yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara.

Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 25 November 2022 melalui aplikasi QuBisa, dimana salah satu benefitnya selain mendapakan SKKM dan e-certificate, yaitu memperoleh saldo Gopay 100 rb bagi dua penanya yang terpilih. Tentu saja ini mendorong antusiasme peserta untuk berpartisipasi.

Menurut Tio, belakangan ini, isu kesehatan mental sering diperbincangkan oleh banyak kalangan, salah satunya di dunia kerja. Di lingkungan kerja sendiri, kesehatan mental yang stabil dan terjaga akan membuat para karyawan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja. Hal ini didorong oleh perusahaan serta para atasan yang suportif dan apresiatif, sehingga para karyawan menjadi lebih semangat dalam mencapai target perusahaan serta menimbun ilmu dari pekerjaan yang dilakukan.

Akan tetapi, tidak semua perusahaan mendukung para karyawan untuk memiliki kesehatan mental yang prima. Secara tidak sadar, perusahaan memperlakukan semua karyawannya seperti robot yang bisa bekerja tanpa henti, dapat melakukan semua pekerjaan agar menghemat pengeluaran gaji, serta bekerja dengan tenggat waktu (deadline) yang singkat dengan hasil memuaskan. Jika karyawan dibiarkan terus dalam situasi kerja seperti ini, maka tidak jarang mereka akan mudah lelah secara fisik dan stres dari pikiran. Stres yang berkepanjangan tersebut mengakibatkan burnoutgangguan kecemasan, sampai depresi berat.

Kementerian Kesehatan RI juga mencatat bahwa lebih dari 1.000 orang melakukan percobaan bunuh diri. Munculnya gangguan kesehatan jiwa ini berawal dari burnout yang berkepanjangan. Dalam dunia kerja, hal ini dipicu oleh banyaknya tekanan dari perusahaan yang berimbas secara psikologis dan emosional pekerja. Kemudian, terjadilah gejala psikosomatis yang mempengaruhi kesehatan fisik tubuh. Misalnya, rasa sakit perut hingga mual dan muntah saat perjalanan kantor, sakit kepala menjelang tidur malam.

Beberapa penyebab terjadinya gangguan mental health di dunia kerja antara lain: komunikasi yang buruk antara karyawan dan atasan, Kebijakan perusahaan yang tidak mensejahterakan karyawan, Rendahnya dukungan atasan pada karyawan, Dituntut lebih untuk menghasilkan performa yang memuaskan, serta Waktu kerja yang tidak fleksibel.

Semoga acara yang telah diselenggarakan dan ilmu yang diberikan memberikan manfaat bagi semua peserta.