Cara Membuat Surat Lamaran yang Benar

Dapat bekerja di suatu perusahaan adalah impian banyak orang. Apalagi di perusahaan  ternama. Sebelum mendaftar, tentu kamu harus membuat surat lamaran kerja. Tapi, surat lamaran kerja tidak bisa dibuat asal-asalan. Sebab, surat lamaran kerja yang baik dapat membuat kamu berpeluang bisa lolos seleksi.

Namun, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja  yang baik dan benar? Beberapa hal penting dalam surat lamaran kerja :

1. Singkat dan jelas

Membuat surat lamaran kerja di bank harus singkat dan jelas. Jika kamu sudah berpengalaman kerja, maka tulis pengalaman kerja, identitas, serta skill yang kamu miliki. Meski surat lamaran kerjanya singkat, tetapi kamu harus bisa menarik perhatian HRD.

2. Harus teliti

Biasanya, karena sedang mencari pekerjaan, kita sering mengirim surat lamaran kerja ke beberapa perusahaan. Jadi, sering melakukan copy paste. Maka, jangan sampai kamu salah sebut perusahaan yang kamu tuju. Posisi yang dilamar juga harus jelas. Untuk itulah kamu dituntut harus teliti.

3. Ada rasa antusias

Di dalam surat lamaran kerja kamu harus memasukkan rasa antusias untuk bisa bergabung dengan bank itu. Dengan begitu, HRD akan menilai kamu orang sudah siap kerja.

 

Cara membuat surat lamaran kerja di bank

1. Kepada siapa tujuan surat

Di surat lamaran kerja harus dicari tahu dulu kepada siapa tujuan surat itu. Bisa HRD, Manager atau di posisi lainnya. Misalnya saja wilayah cantor cabang bank di tuju.

2. Menjelaskan tujuan melamar

Cara membuat surat lamaran kerja di bank berikutnya ialah menjelaskan maksud dan tujuan. Tentu agar HRD bisa lebih memahami alasan, kebutuhan juga latar belakang kamu dalam melamar pekerjaan.

3. Info pribadi ditulis

Informasi pribadi ternyata juga penting di dalam surat lamaran kerja. Sebab, dari data pribadi itu HRD dapat mengetahui pelamar. Di samping itu, HRD juga mudah untuk menghubungi kamu. Hanya saja, data pribadi itu misalnya nama lengkap, alamat, kontak, serta pendidikan terakhir kamu.

4. Capaian dan skill ditonjolkan

Jika kamu punya skill yang menonjol, maka harus dicantumkan. Ini agar meninggalkan kesan mendalam pada HRD, sehingga nanti memilihmu untuk memasuki tahapan berikutnya.

5. Semua dokumen dicantumkan

Syarat lamaran seperti dokumen harus dicantumkan. Ini bisa membantu HRD untuk memproses lamaran kerja dengan cepat. Kamu juga terkesan punya inisiatif tinggi dalam bekerja.

6. Citra harus mengesankan

Di bagian akhir surat lamaran kerja untuk bank adalah kamu harus memberikan ucapan terima kasih juga kalimat yang menggambarkan kesungguhanmu. Di situ juga digambarkan harapan kamu untuk dapat mengisi di posisi tersebut. Maka, HRD melihat kesungguhan kamu serta punya jiwa profesional.

Tips lainnya ialah kamu harus jeli dalam menulis surat lamaran kerja. Salah satunya mengecek agar tidak ada kata typo.
Semoga bermanfaat …