Persiapan Mengikuti Job Fair

Job fair atau yang biasa disebut dengan career fair atau career expo adalah sebuah tempat yang mewadahi perusahaan-perusahaan untuk bertemu dengan pencari kerja profesional. Adakalanya, moment ini digunakan  sebagai ajang unjuk bakat antar pencari kerja.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan saat mengikuti Job Fair?

1.Pilih dresscode yang tepat

Dresscode yang umum digunakan saat Job fair adalah pakaian formal.  Hindari penggunaan celana jeans bagi pria maupun wanita. Hal ini sangat mengganggu dan mengurangi nilai formal acara Job fair. Intinya, pakaian harus mencerminkan wibawa. Selain itu, pakaian akan menjadi citra diri masing-masing personal.

2. Cari info yang akurat

Kamu wajib cari tahu dulu, di tempat A benarkah ada Job Fair atau tidak. kamu perlu tahu juga perusahaan mana saja yang ikutan nampang dan menyebarluaskan lowongan pekerjaan tersebut. Siapa tahu ada perusahaan incaran kamu yang pekerjaannya kamu impi-impikan sejak lama.

3. Siapkan dokumen

Biasanya kalau di Job Fair sejumlah peserta akan mengosongkan posisi dan membawa sejumlah amplop lamaran bersifat template yang bisa diserahkan ke perusahaan mana saja, tapi akan lebih baik kalau kamu memberikan CV dan lamaran kamu dengan nama perusahaan dan posisi yang spesifik. Tunjukkan kalau kamu serius!

4. Datang lebih pagi

Ini super penting! Karena biasanya para pelamar lebih memilih untuk datang siang hari, justru bisa menjadi bencana buat mereka sendiri. Mengapa? Karena biasanya para penyedia lapangan kerja akan menyediakan representasi perusahaan mereka yang harus berhadapan dengan ribuan orang. Ya kalau udah sore, pasti mereka capek dong. Makanya, lebih pagi, lebih baik!

 

Jika job fair dilakukan secara virtual/online, berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan :

1. Periksa koneksi internet.

Tidak ada yang lebih buruk dari koneksi internet yang jelek saat sedang mengikuti kegiatan apa pun yang berbau online, termasuk job fair.  Periksa terlebih dahulu koneksi internetmu, kira-kira sudah cukup baik atau belum. Pastikan jika menggunakan tethering handphone sinyalnya bagus. Lalu, jika menggunakan Wi-Fi, usahakan tak ada aktivitas download atau hal-hal yang bisa membuat koneksi berat. Karena jika di tengah-tengah interview koneksi tiba-tiba putus atau lambat, itu akan menjadi suatu hal yang buruk bagimu.

2. Jauhi distraksi.

Sebisa mungkin jauhi atau bahkan hilangkan distraksi yang ada di rumah. Pastikan tidak ada orang di sekitarmu saat sedang mengikuti job fair online. Matikan seluruh pemberitahuan di desktop atau laptopmu, seperti email dan juga pemberitahuan handphone. Jika mempunyai anak, sebaiknya dititipkan terlebih dahulu kepada pasangan atau anggota keluarga lainnya.

3. Meneliti Perusahaan

Saat mengikuti job fair online, anda harus meneliti setiap perusahaan yang ikut dalam acara tersebut. Jika tidak semuanya, minimal teliti perusahaan yang kamu incar. Hal tersebut dilakukan guna menambah wawasanmu terkait perusahaan tersebut. Dengan begitu, anda dapat memberikan kesan pertama yang bagus kepada perusahaan saat sedang wawancara.

4. Perbarui CV

Jangan lupa untuk memperbarui CV-mu jika ada pembaruan. Misalnya, kamu baru saja mengikuti magang di perusahaan atau fotomu kurang bagus. Karena ini merupakan job fair virtual, tentu tidak perlu di-print. Cukup disajikan dalam bentuk soft copy dan nanti bisa langsung dikirimkan di perusahaan yang kamu tuju.

5. Persiapkan portofolio

Selain CV, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah portofolio. Sebagai contoh, misalnya kamu seorang videografer dan ingin melamar ke sebuah perusahaan lewat job fair online. Nah, sebelum ikut, pastikan siapkan portofoliomu terlebih dahulu, entah itu dimasukkan ke platform tertentu atau website pribadi agar mudah untuk ditampilkan kepada perusahaan. Dengan CV dan portofolio apik yang telah kamu persiapkan, para perusahaan tentunya akan lebih tertarik untuk merekrutmu, sekarang.

6. Duduk dan berpakaian secara profesional

Tips ini mungkin sering kali diremehkan saat mengikuti job fair online. Banyak orang yang beranggapan bahwa job fair online tidak perlu rumit. Padahal, baik online ataupun secara langsung, kesan pertama sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, jangan kecewakan perusahaan yang kamu lamar. Pastikan berpakaian rapi dan profesional serta duduk yang tegak seolah-olah kamu sedang berhadapan langsung dengan orangnya.

7. Buat catatan

Penting untuk membuat catatan saat kamu mengikuti job fair online. Dengan begitu kamu bisa mencatat terkait semua perusahaan yang kamu lamar, mulai dari pencapaiannya, posisi yang mereka kerjakan, dan penjelasan lainnya. Dengan catatan tersebut, itu akan membantumu dalam menanyakan beberapa pertanyaan kepada perekrut.

8. Jangan lupa follow up

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan follow up kepada semua perusahaan yang telah kamu datangi secara online. Ucapkan terima kasih karena telah meluangkan waktunya untuk berbicara denganmu.Jika ada kesempatan, tanyakan mengenai kelanjutan wawancara pekerjaanmu, apakah diterima atau tidak.

Semoga bermanfaat..