Manfaat Mengikuti Webinar untuk Karirmu

Webinar diartikan sebagai web based seminar atau seminar yang berbasis internet. Di situasi yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak sosial, webinar menjadi alternatif belajar dan pelatihan berbasis online yang peserta dan narasumbernya nggak perlu bertemu secara langsung. Terlebih banyak banget webinar yang diadakan secara cuma-cuma alias gratis, cuma butuh laptop dan notes untuk mencatat materi webinar.

Tentu, adanya webinar ini harus bisa dimanfaatkan untuk memperluas pengetahuan yang terus berkembang. Apalagi buat kamu yang lagi mempersiapkan karir, banyak manfaat positif yang bisa kamu ambil jika mengikuti acara webinar. Apa aja ya manfaatnya? Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Memperdalam wawasan di berbagai bidang

Webinar mengangkat berbagai topik yang menarik tanpa syarat peserta harus berasal dari bidang tertentu. Kamu bisa mengikuti berbagai webinar dengan materi yang berbeda-beda. Saat ini industri membutuhkan pekerja yang spesifik pada satu bidang, tapi nggak ada salahnya juga memahami dasar bidang lain. Lewat webinar kamu bisa memperluas wawasan keilmuan yang bisa diterapkan dan bermanfaat buat kehidupan karir.

2. Menghemat waktu dan pengeluaran

Mengikuti acara webinar menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel. Tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya, kamu sudah bisa mendapat materi lewat siaran online. Pastinya bikin kamu punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan aktivitas produktif lain. Beberapa webinar bisa disaksikan lagi siaran ulangnya, jadi kalau kamu ketinggalan webinar langsung, kamu bisa mengikutinya di lain waktu. Sekarang akses belajar makin gampang, kan? Modal kuota internet dan perangkat digital kamu udah bisa belajar sambil rebahan.

3. E-sertifikat yang mendukung karir

Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta. Sertifikat pelatihan dan seminar dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. E-sertifikat akan menjadi bukti, juga nilai tambah saat melamar kerja, kamu akan dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang bidang tersebut. Namun tidak semua e-sertifikat harus dilampirkan saat melamar pekerjaan. Pilih yang sekiranya berhubungan dengan bidang kerja yang kamu lamar. Perlu diingat juga, e-sertifikat dari webinar hanya tambahan, yang terpenting kamu benar-benar memahami materi webinar dengan baik.

4. Memperluas jaringan

Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan memperluas koneksi.

5. Kesempatan sharing dan diskusi dengan pakar ternama

Webinar seringkali diisi oleh pemateri/narasumber berpengalaman di suatu bidang yang selain berkompeten juga punya nama. Saat webinar tersebut memberikan sesi diskusi/QnA, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk bertanya dan sharing langsung dengan pakarnya.

 

Semoga bermanfaat..