Menjawab Pertanyaan Interview “Ceritakan tentang Dirimu”

Interview menjadi salah satu hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi para pencari kerja. Bagaimana tidak, saat interview para pencari kerja harus memanfaatkannya semaksimal mungkin, termasuk menjawab pertanyaan seperti yang ada di atas. Nah, kira-kira bagaimana ya jawaban yang tepat?

 

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Dirimu

Pada dasarnya, saat ditanya seperti ini, kamu pasti ingin menceritakan kisah hebat dari dirimu agar menarik perhatian perekrut. Namun, terkadang perekrut hanya memberikan waktu yang sedikit dalam kesempatan tersebut sehingga kamu harus memaksimalkannya dengan baik. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu masukkan dalam ceritamu:

1. Mulai dengan perkenalan diri

Kamu bisa mulai dengan memperkenalkan diri sesingkat mungkin. Sebagai contoh, kamu adalah seorang fresh graduate. Maka, ceritakan saja bahwa kamu baru saja lulus dari kuliah dan kenapa memilih posisi yang dilamar. Apabila kamu sudah mempunyai pengalaman kerja, mulai ceritakan pengalaman kerjamu dengan sesingkat-singkatnya. Misalnya, kamu mempunyai pengalaman kerja di bidang marketing selama tiga tahun dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan branding dan membuat advertising. Jangan lupa, untuk menyebutkan namamu di awal perkenalan.

2. Ceritakan pencapaianmu sebelumnya

Ceritakan tentang dirimu adalah dengan menyebutkan apa saja pencapaian yang sudah berhasil kamu raih sebelumnya. Idealnya kamu bisa menceritakan pengalaman profesional yang baru dialami belakangan ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengalaman keberhasilan yang kamu ceritakan harus ada kaitannya dengan profesi yang sedang dilamar. Sebagai contoh, saat ini kamu melamar sebagai marketing researcher di suatu perusahaan. Ceritakan bahwa sebelumnya kamu berhasil menarik pelanggan yang banyak dari hasil riset yang telah dilakukan. Hal itu merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi perusahaan karena berhasil menaikkan penjualan berkat riset tersebut. Cerita seperti ini akan diingat oleh perekrut dengan baik, karena kamu telah menunjukkan kualitas dirimu.

3. Ceritakan minat pribadi

Agar tidak terlalu datar, cara lainnya dalam menjawab pertanyaan interview ceritakan tentang dirimu adalah dengan memberi tahu minat pribadi kepada perekrut. Namun, jangan terlalu mengarah ke ranah pribadi. Hal tersebut justru harus dihindari sebaik mungkin. Dalam hal ini, kamu bisa bercerita mengenai minat pribadi yang sekiranya berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Sebagai contoh, kamu melamar posisi content writer. Ceritakan saja bahwa kamu memiliki minat dalam menulis, dibuktikan dengan tulisan di blog dan itu dilakukan secara konsisten sampai sekarang. Dengan cerita tersebut, perekrut dapat mengetahui detail dari dirimu lebih dalam lagi. Terlebih, minatmu sama persis dengan apa yang dicari oleh mereka. Hal itu akan menjadi nilai tambahan di mata perekrut.

 

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Ceritakan tentang Dirimu

1. Tetap profesional

Hindari ranah yang terlalu pribadi seperti keluarga, pandangan politik, atau bahkan agama. Tetap profesional dengan bercerita terkait minat pribadimu yang berkaitan dengan posisi yang dilamar, seperti contoh di atas.

2. Deskripsikan dengan singkat

Pada umumnya, perekrut akan memberikan waktu kepadamu dua menit untuk menjawab pertanyaan ceritakan tentang dirimu. Oleh karena itu, jawab sesingkat mungkin agar tidak memakan waktu. Jika perlu, buat teks khusus untuk menjawab pertanyaan ini dan hafalkan sebelum interview. Namun, tidak perlu hafal kata per kata, cukup inti jawabannya saja.

3. Jangan terburu-buru

Meskipun kamu hanya memiliki waktu yang tidak banyak, usahakan jangan terburu-buru dalam menjawabnya. Selain menghilangkan isi dari apa yang ingin kamu sampaikan, perekrut juga susah untuk mengerti jika kamu menjawabnya dengan terburu-buru. Tetap santai dan kuasai jawabanmu supaya dapat menyenangkan perekrut.

 

Semoga bermanfaat..