PEMBEKALAN SOFT SKILLS SERIES (1) : Menjadi Sarjana Tangguh”

Menjelang wisuda sarjana bulan Oktober 2020 mendatang, Pusat Karir kembali mengadakan webinar Pembekalan Softskills Series dengan menghadirkan pembicara alumni sukses dan kompeten di bidangnya. Ini adalah pembekalan softskills di tahun ke-III.  Kali ini mengambil tema “Menjadi Sarjana Tangguh di Era Pandemi dan New Normal” pada hari Jumat, 26 Juni 2020. Pembicara adalah Tommy Pusriadi, SE., MM  yang merupakan praktisi motivator, dosen dan alumni angkatan 1990 yang saat ini berdomisili di Samarinda. Berhubung sedang physical distancing, maka pembekalan ini dilakukan secara virtual yaitu menggunakan vicon Zoom Meeting.

Menurut penjelasan Pak Tommy, saat ini terdapat 3 kategori bidang usaha sesuai dengan perkembangan bisnis di era New Normal ini. Kelompok itu antara lain :
1. Kelompok usaha yang tertekan / sulit bertahan (yaitu di bidang pertambangan, penggalian, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan, hotel, restoran, energi, penerbangan, dan ekspor barang tambang).
2. Kelompok usaha bertahan (yaitu bidang perikanan, kehutanan, peternakan, perkebunan, pertanian, listrik, pengangkutan, air bersih dan gas)
3. Kelompok usaha meningkat (yaitu bidang makanan, retail, produk kesehatan pribadi, kesehatan dan teknologi informasi dan komunikasi)
Dari ketiga kelompok tersebut, disarankan para pencari kerja mengambil lahan pekerjaan yang no 3 yaitu bisnis yang meningkat.
Kondisi mencari kerja di masa krisis ini adalah :
1. Lowongan  kerja menjadi sangat berkurang secara signifikan.
2. Persaingan semakin ketat (Korban PHK dan karyawan dirumahkan, lulusan beberapa angkatan diatas dan di bawah  dari PTS dan PTN, Kemajuan teknologi yang menyebabkan banyak beberapa posisi hilang, seperti teller, kasir, dll)
3. Pekerja akan rela dibayar murah asal tidak menganggur
4. Pekerja akan rela bekerja di luar bidang yang selama ini digeluti.
Berkaitan dengan itu, sangat penting dimiliki oleh pencari kerja saat ini adalah :
1. Softskills (melalui online training)
2. Kompetensi plus
3. Webinar (sertifikat)
4. Magang
5. Kursus bahasa
6. Jadi makelar / agen
7. Kerja sosial
8. Berlatih psikotes
9. Hapus semua komen negatif di semua media sosial
Untuk materi lebih lengkap dapat dilihat di channel Youtube :
Semoga bermanfaat..