Program Magang STIE Malangkucecwara

Salah satu program di Pusat Karir STIE Malangkucecwara adalah menyalurkan mahasiswa ke perusahaan-perusahaan untuk magang. Magang (Internship) adalah bagian dari pelatihan kerja yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa semester akhir. Mereka melakukan learning by doing dengan terjun langsung di lapangan dunia kerja nyata.

Magang di RSU Syaiful Anwar Malang

Persyaratan magang di STIE Malangkucecwara adalah mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen minimal semester 6. Dan akan mendapatkan nilai SKKM sebesar 10 point. Dalam setahun, magang dilakukan 2x yaitu saat liburan semesteran. Biasanya di bulan Februari dan Juli. Jangka waktu magang selama 1 bulan.

Magang akan dilakukan mahasiswa sesuai dengan latar belakang studi atau backgroundnya, sehingga mahasiswa akan lebih siap saat diminta terjun langsung ke lapangan. Untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya, tentu tak hanya diperlukan teori saja namun juga praktik langsung di lapangan.

TUJUAN MAGANG (INTERNSHIP)

Menambah wawasan mahasiswa
Kegiatan pembelajaran di dalam ruangan tentu tak akan maksimal apabila mahasiswa tak mengembangkannya dengan praktik lapangan. Jika sudah pernah mendapatkan banyak teori saat kuliah, maka perlu mencoba hal baru, contohnya mengikuti kegiatan ekstra untuk menambah wawasan.

Membina hubungan baik antara kampus dengan perusahaan penyedia kesempatan magang
Kegiatan magang tak hanya memberikan dampak positif untuk para mahasiswa saja. Mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman sekaligus sertifikat sebagai bukti sudah mengikuti proses magang dan memenuhi kualifikasi yang ditentukan.  Sebaliknya, pihak yang memberikan kesempatan magang pun dapat mendapatkan keuntungan karena pekerjaan sulit dapat teratasi dengan inovasi yang dimiliki para mahasiswa magang. Kegiatan magang pun mempunyau tujuan untuk membuat mahasiswa terlatih dalam menghadapi sekaligus mengatasi masalah yang mungkin muncul saat berhadapan langsung di dunia kerja.

Meningkatkan kualitas mahasiswa
Adanya permasalahan nyata yang ditemui mahasiswa saat ada di lokasi magang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Dengan begitu, mahasiswa akan terlatih untuk mengatasi masalah secara kontekstual. Dengan begitu, solusi pada masalah itu dapat langsung diperoleh sekaligus dengan mengaplikasikan teori dan ilmu.

MANFAAT MAGANG
Memaksimalkan potensi mahasiswa
Kegiatan mahasiswa tak hanya terbatas di dalam kelas saja. Teori yang tak didukung praktik memadahi tentu tak akan membuat mahasiswa siap ketika harus terjun di dunia kerja.  Oleh karena itu, mahasiswa dapat mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan di luar kelas supaya dapat lebih berkembang. Potensi mahasiswa dapat dimaksimalkan dengan adanya program magang karena secara tak langsung mahasiswa telah dilatih untuk bekerja. Jika mahasiswa telah mempelajari berbagai teori ketika di bangku kuliah, maka ilmu itu dapat langsung diterapkan saat terjun di lapangan.

Membangun Hubungan yang baik dengan instansi penyelenggara
Adanya program magang tidak hanya mempunyai manfaat untuk mengembangkan kemampuan sang mahasiswa saja. Pihak instansi yang memberikan peluang magang juga akan mendapatkan keuntungan. Selain dapat mendapatkan mahasiswa yang kompeten, tentu pihak pemberi kesempatan magang dapat terbantu. Manfaat magang untuk fakultas berupa jalinan kerja sama dengan pihak terkait juga bisa dicapai.

Mahasiswa bisa langsung mendapatkan pekerjaan
Kegiatan magang bisa menjadi salah satu batu loncatan bagi kamu yang tertarik menekuni sebuah pekerjaan, tapi masih bingung dengan mekanisme dan seluk beluknya. Lewat magang, sebenarnya kamu bisa melatih diri untuk bekerja maksimal, apalagi kalau lokasi tempat kerja sudah linier dengan jurusanmu.

Tak ada salahnya untuk totalitas dalam menjalani aktivitas selama berada di lokasi magang. Umumnya, instansi yang memberikan peluang magang akan mempertimbangkan mahasiswa magang sebagai karyawan tetap. Peluang perekrutan lewat kegiatan magang itu tak boleh kamu sia-siakan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu perlu mencari tahu detail pekerjaan, masalah yang kerap dihadapi, serta cara mengatasinya. Semakin awal kamu mengetahui detail masalah, maka kamu bisa belajar untuk menyelesaikan masalah itu lebih awal pula.

Mahasiswa dapat memperoleh penghasilan tambahan
Salah satu hal yang membuat para mahasiswa tertarik magang ialah adanya uang jajan tambahan yang bisa didapatkan. Walaupun tak semua pemberi peluang magang menawarkan gaji atau upah, tapi adanya penghasilan yang akan kamu peroleh dari magang tentu dapat menjadi pertimbangan sebelum memilih lokasi.

Janganlah dibayangkan bahwa penghasilan yang diperoleh dari magang akan sama besarnya dengan penghasilan karyawan tetap disana. Mungkin kamu dapat saja mendapatkan penghasilan seperempat atau bahkan setengah dari pendapatan para karyawan tetap. Tapi jangan berkecil hati karena ilmu yang diperoleh saat berada di tempat magang akan sangat berkontribusi pada masa depanmu. Anda juga akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti adanya pengalaman kerja langsung di suatu lembaga atau instansi.

MAGANG DI STIE MALANGKUCECWARA

Magang di Perum Perhutani Pasuruan

Sejak tahun 2018, Pusat Karir memulai secara aktif menyalurkan mahasiswa untuk melakukan magang di perusahaan-perusahaan. Baik perusahaan komersial maupun UKM (Usaha Kecil Menengah). Jumlah mahasiswa magang tahun 2018 sebanyak 102 orang, dengan tersebar di 55 instansi baik pemerintah maupun swasta. Tersebar baik di Malang maupun di luar Malang. Sedangkan untuk tahun 2019, terjadi peningkatan minat magang mahasiswa. Jumlah mahasiswa magang sebesar 137 orang, tersebar
di 70 instansi.

Umpan balik perusahaan

Magang di Bank Syariah Mandiri

Dengan mengambil sampling 25% dari total umpan balik perusahaan, dimana point2 penilaian meliputi : Appreciative, Thought, Teamwork, Integrity, Time Management, Usefulness, Dedicative, Endless learning, Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme), Kemampuan bahasa Inggris, Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan menggunakan teknologi informasi, dan menyusun Laporan Praktek Kerja, hampir semua perusahaan memberikan nilai tinggi untuk mahasiswa (baik dan sangat baik) dari 5 skala berurutan mulai dari sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik.

Evaluasi

Magang di Kementrian Agama Wonogiri

Terdapat respon positif dari perusahaan terhadap mahasiswa STIE Malangkucecwara. Bahkan ada beberapa perusahaan yang kemudian menawari mahasiswa magang untuk nanti bekerja di perusahaan tersebut. Karena mereka telah mengetahui kondite dan memiliki record mahasiswa tsb.

Terdapat respon positif dan minat dari mahasiswa untuk melakukan magang dengan mencari sendiri perusahaan, dan melakukan proses magang dengan baik dari awal sampai akhir kegiatan. Motivasi tertinggi mereka adalah mencari pengalaman kerja di dunia nyata dan memperoleh aplikasi dari softskill dan pengetahuan akademik yang selama ini diterima di kampus.