GENERASI MUDA DAN KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan merupakan salah satu hal penting di dalam perekonomian suatu negara yang sedang membangun. Untuk itu perlu ditumbuhkan minat berwirausaha sehingga dapat mengatasi kondisi ekonomi negara. Berbicara masalah kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat  adalah mengenai peluang yang ditandai dengan adanya praktek inovasi dan sebagai sasaran utamanya adalah profitabilitas.

Generasi muda adalah generasi yang penuh dengan adanya perubahan yang tentunya harapan kita perubahan yang positif, dan hal ini seharusnya dibarengi dengan adanya  semangat kreativitas dan inovasi . Untuk itu bagi genenrasi muda yang akan memulai usahanya tentunya dapat ditumbuhkan adanya kemauan dari diri individu itu sendiri tentang berwirausaha, sehingga dari hal tersebut akan timbul semangat dan motivasi untuk berkembang menjadi lebih baik kedepannya.  Dengan adanya kewirausahaan akan memberikan manfaat pada masyarakat. Menurut Alma (2008) manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
(1) Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
(2) Sebagai generator pembangunan lingkungan, bidang produksi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, kesejahteraan, dan sebagainya.
(3) Menjadi pribadi unggul yang patut diteladani, karena sebagai seorang wirausaha yang terpuji, jujur, berani, hidup tidak merugikan orang lain.
(4) Memberi contoh bagaimana bekerja keras, tetapi tidak melupakan perintah-perintah agama, dekat dengan Tuhan.
(5) Berusaha memberi bantuan kepada orang lain  sesuai dengan kemampuannya.
(6) Berusaha mendidik karyawan menjadi orang mandiri, disiplin, jujur, dan tekun dalam menghadapi pekerjaan.
(7) Memelihara keserasian lingkungan, baik dalam pergaulan maupun kebersihan lingkungan.
Sudah saatnya generasi muda untuk dapat mengubah pola pandang,jangan hanya berfikir menjadi pegawai setelah lulus dari Lembaga Pendidikan Tinggi, menjadi Wirausaha perlu difikirkan sebagai pilihan. Setidaknya pilihan ini akan membentuk pribadi kita menjadi yang lebih kuat, disiplin dan mandiri dengan memanfaatkan peluang yang ada. Menurut pendapat dari Drucker kewirausahaan adalah suatu semangat, kemampuan, sikap, perilkau individu dalam menangani usaha yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja,teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesien dalam memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Untuk itu ada beberapa termeinologi tentang kewirausaahaan: (1) nebenukan peluang, (2) adanya inovasi (3) adanya pertumbuhan.
Bagaimanakah karakteristik wirausaha yang cerdas?
Ada beberapa prinsip dalam membentuk karakteristik wirausaha antara lain:
1. Pahami setiap tindakan yg akan dilakukan, ikhlas, terencana, terkonsep,dengan langkah & strategi jitu jgn sekedar iseng atau coba-coba.
2. Peluang sukses selalu ada; kerja keras, lurus dan benar, cermat, serta hemat
Bagaimanakh etika dalam berwirausaaha:

Ada beberapa etika dalam berwirausaha menurut Gunarto yaitu:
1. Kejujuran
2. Bertanggung jawab
3. Menepati janji
4. Disiplin
5. Suka membantu
6. Komitmen dan menghormati
7. Mengejar prestasi
Langkah awal dalam memulai bisnis, apa saja yang perlu dipersiapkan?
Untuk memulai bisnis ada beberapa langkah yang perlu diketahui setidaknya dapat memandu kita supaya memperoleh wawasan apa saja yang perlu dipersiapkan, menurut kampung berita ada beberapa langkah antara lain:
Langkah 1: Evaluasi Diri.
Mulailah dengan mengambil saham dari diri sendiri dan situasi Anda. Mengapa Anda ingin memulai bisnis? Apakah uang, kebebasan, kreativitas, atau alasan lain? Keterampilan apa yang Anda miliki? Apa yang Anda ketahui tentang industri ? Apakah Anda ingin memberikan layanan atau produk? Apa yang Anda ingin lakukan? Berapa banyak modal yang Anda harus mengambil risiko? Apakah ini akan menjadi waktu penuh atau usaha paruh waktu? Jawaban Anda atas jenis pertanyaan akan membantu Anda untuk lebih fokus.
Langkah 2: Menganalisis industri/bidang usaha terkait.
Begitu Anda memutuskan untuk memulai bisnis yang sesuai dengan tujuan dan gaya hidup, Anda perlu mengevaluasi ide Anda. Siapa yang akan membeli produk atau jasa Anda? Siapa yang akan menjadi pesaing Anda? Anda juga perlu mencari tahu pada tahap ini berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai.
Langkah 3: Jadikanlah Bisnis Anda Legal.
Ada beberapa cara untuk membentuk bisnis Anda ? Itu bisa menjadi kepemilikan tunggal, kemitraan, atau korporasi. Sebuah korporasi menjadi entitas terpisah yang secara hukum bertanggung jawab untuk sebuah bisnis. Jika ada yang salah, Anda tidak dapat bertanggung jawab secara pribadi.
Anda juga perlu mendapatkan izin usaha dan izin yang tepat. Tergantung pada bisnis, mungkin ada kota, kabupaten, atau peraturan negara serta izin dan lisensi untuk menangani. Ini juga merupakan waktu untuk memeriksa ke dalam asuransi Anda mungkin perlu untuk bisnis dan untuk menemukan akuntan yang baik.
Langkah 4: Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai.
Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana bisnis adalah sebuah kebutuhan. Tetapi bahkan jika Anda akan untuk membiayai usaha itu sendiri, rencana bisnis akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.
Langkah 5: Siapkan Modal Untuk Bisnis Anda
Tergantung pada ukuran usaha Anda, Anda mungkin perlu mencari pembiayaan dari “malaikat” atau dari perusahaan modal ventura. Kebanyakan bisnis kecil dimulai dengan pembiayaan swasta dari kartu kredit, pinjaman pribadi, bantuan dari keluarga, dll Sebagai aturan praktis, selain start-up biaya, Anda juga harus memiliki nilai minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank.
Langkah 6: Bangunlah Toko Bisnis Anda toko.
Cari lokasi. Negosiasikan dan sewa. Beli persediaan. Usahakan untuk memperoleh telepon yang sudah terpasang. Memiliki alat tulis dicetak. Mempekerjakan staf. Tetapkan harga Anda. Launching grand Opening bisnis anda.
Terima kasih dan semoga bermanfaat