Kompetensi Tehnik dan Kecerdasan serta Kecakapan Interpersonal yang Tinggi Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Berdasarkan Survey oleh Career Builder bahwa 71% manajer SDM menyatakan menempatkan kecerdasaran emosional dan sikap (EQ), termasuk pada bagaimana ia mengendalikan emosi dan menjalin pertemanan dari pada IQ yang tinggi semata.
Seorang dengan EQ ( kecerdasan emosi) tinggi dianggap lebih mampu mengendalikan diri dan mampu bekerja dibawah tekanan, dari pada mereka dengan IQ tinggi. Apalagi keadaan ekonomi yang sulit saat ini, seorang Bos ingin orang yang bekerja dengannya bisa membuat keputusan secara efektif dalam keadaan penuh tekanan.

Ingin Mempunyai Kecerdasan Emosi Yang Tinggi : Tips-tipsnya adalah
1.Kontrol penuh emosi anda, disini Bos akan memasukkan materi diskusi kelompok saat rekrutmen karyawan, dari sini, emosi calon karyawan diukur, untuk membantu meminimalisasi reaksi negatif. Penting bagi anda mengenali pemicu stress ketika tekanan datang
( pendapat Patricia Thompson PhD, seorang konsultan manajemen pada Sperduto & Associates Inc, di Altanta, Sikap tubuh juga harus tetap dijaga, Thompson menyarankan untuk keluar dari kondisi seperti itu dengan tarik nafas panjang hitungan sampai ke 10, dan tenanglah.
2.Lakukan refleksi diri :
Agar kecerdasan emosi terkontrol, anda harus self-aware, dengan memahami betul apa kelebihan dan kelemahan anda, sebaiknya masing-masing 5, kemudian gunakan dua hal yang berlawanan itu untuk saling melengkapi. pilih dua atau tiga kelemahan anda, carilah cara untuk mengatasinya.
3. Dengarkan:
Ketajaman emosi juga diukur dari bagaimana ia mampu mendengarkan, Thompson memberi jalan keluar untuk meningkatkan kemampuan mendengar, ” gunakan dua tingkat cara : pertama dengarkan untuk memahami konten pembicaraan, jangan menyela atau memberi penilaian terhadap apa yang dibicarakan sampai dia selesai bicara
kedua : dengarkan untuk memahami kondisi emosinya saat dia menceritakan, kemampuan mendengar sangat penting, untuk membangun hubungan dalam satu tim secara lebih baik dan mengurangi konflik.
Jadi dapat disimpulkan, jika anda ingin mendapat pekerjaan idaman, bukan semata IP yang tinggi yang diperlukan, tetapi mengedalikan kecerdasan emosi dan menjalin tim work.