Seminar “Pentingnya Communication Skills dalam Dunia Kerja”
Pada hari Jumat, 10 Januari 2025 Pusat Karir mengadakan seminar pengembangan softskills edisi pertama di awal tahun 2025. Kali ini pembicaranya yaitu alumni angkatan 2006 Ibu Yulia Puspitaningroem, SE selaku Head of Communication Corporate and General Affairs Perum Jasa TIrta 1. Materi yang diangkat sesuai dengan bidang profesi ibu Yulia yaitu “Pentingnya Communication Skills dalam Dunia Kerja”
Menurut bu Yulia, Skill komunikasi di dunia kerja bermanfaat untuk menjaga dan memperluas hubungan dengan rekan kerja, menghindari kesalahpahaman saat mengerjakan tugas dengan tim lain, serta meningkatkan jenjang karier karena leader atau manajer memiliki skill komunikasi di atas rata-rata. Terlepas dari apapun bidang pekerjaan yang akan dijalani setelah lulus, soft skill tetap diperlukan agar dapat sukses. Salah satu soft skill yang wajib dimiliki untuk menjamin keberlangsungan dan perkembangan karier adalah skill komunikasi. Skill ini merupakan kemampuan untuk menyampaikan dan menerima pesan secara efektif melalui media lisan maupun tertulis.
Kita bisa memupuk skill untuk berkomunikasi melalui latihan rutin secara mandiri maupun dengan mengikuti kursus. Untuk praktik mandiri, siapkan diri sebelum berbicara, mulai dari substansi pesan yang ingin disampaikan hingga latar belakang lawan bicara, untuk mencegah rasa gugup. Kemudian, biasakan diri untuk selalu mendengarkan pembicaraan dan bahasa tubuh lawan bicara secara aktif tanpa distraksi apa pun. Terakhir, selalu hargai umpan balik untuk meningkatkan diri, dan tetaplah percaya diri bahwa Anda bisa berkembang.
Skill komunikasi sangatlah diperlukan untuk bidang pekerjaan apa pun karena bisa menjaga hubungan baik dengan sesama rekan kerja dan klien. Kita akan lebih produktif dan mudah berbaur di situasi baru untuk menunjang kesuksesan kita. Tidak perlu berkecil hati jika belum memiliki kemampuan ini karena kita bisa meningkatkannya dengan persiapan yang matang sebelum berbicara dan mendengarkan pesan dari lawan bicara sepenuhnya. Teruslah berlatih agar bisa berkembang, niscaya kita bisa membawakan diri dengan asertif dan penuh empati.
Semoga bermanfaat