Open Recruitment : PT Lekong

Kembali kampus STIE Malangkucecwara Malang dipercaya oleh perusahaan untuk melakukan open recruitment bagi para alumni. Kali ini datang dari PT Lekong yang berlokasi di Pasuruan. Kegiatan dilakukan pada hari Jumat, 6 April 2018. PT. Lekong adalah perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun, dan bergerak dibidang pengolahan kayu dan handicraft yang berlokasi di daerah Pandaan, Pasuruan.
Perusahaan tersebut sedang berkembang pesat dan membutuhkan tenaga-tenaga profesional dan mandiri untuk perkembangan perusahaan yang lebih maju. Kepala Human Capital PT Lekong, Ibu Rahmah Purnama yang langsung memimpin acara ini, dengan melakukan sejumlah tes dan wawancara kepada alumni STIE Malangkucecwara.
Open Recruitment itu dapat diartikan sebagai seleksi untuk menjaring sumber daya manusia yang berkualitas dan layak dijadikan sebagai anggota atau menduduki suatu jabatan dari suatu organisasi atauapun kepanitiaan.Proses Open Recruitment biasanya diawali dengan sosialisasi langsung ataupun secara online baik dari media sosial maupun selebaran yang dibagikan di kampus. Setelah itu, dilakukan pengisian formulir dan perangkat lainnya. Selain formulir, ada pilihan lain yang dapat ditambahkan selain formulir. Biasanya organisasi ataupun kepanitiaan terntu meminta syarat kepada calon Oprec mereka, seperti Motivation Letter, Curriculum Vitae (CV) dan lain sebagainya.

Setelah tahap pengisian formulir, biasanya dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap wawancara atau inteview. Ditahap ini biasanya calon Oprec akan ditanyai hal-hal yang berkaitan dengan organisasi ataupun kepnitiaan, motivasi mengikuti Oprec, alasan memilih suatu jabatan, dan konsekuensi yang didapat dari calon Oprec.

 

Rina Irawati
Career Centre STIE Malangkucecwara