Workshop Building Performance

Salah satu aspek penilaian tes seleksi di banyak perusahaan adalah melihat aspek performance calon pelamar. Performance (penampilan) merupakan salah satu hal penting yang dilihat, karena berkaitan dengan jenis pekerjaan yang akan digeluti nantinya. Pada beberapa profesi atau posisi tertentu, good performance merupakan modal penunjang utama dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Seperti pramugari, teller, customer service, tenaga marketing/sales, icon model untuk produk tertentu, dan lain-lain. Pada dasarnya, penampilan merupakan kebutuhan dasar untuk berperilaku dan berpenampilan layak di dunia kerja.

Untuk itu, pada hari Sabtu 7 Januari 2017 divisi Career Centrer mengundang praktisi dan juga merupakan alumni STIE Malangkucecwara Ibu Mariana Puspa, SE untuk memberikan workshop building performance kepada mahasiswi semester akhir. Tujuannya adalah untuk bekal persiapan diri menghadapi tes kerja, ataupun saat nanti masuk di dunia kerja, bagaimana berpenampilan yang rapi dan menarik. Peserta semuanya adalah wanita, dengan syarat menggunakan dress office look serta membawa perlengkapan make up sendiri.
Dalam workshop ini ibu Mariana menyampaikan trik “How to make impressions in 10 seconds”, yaitu dengan cara : performance, make up and accessories. Penilaian performance memiliki beberapa tingkat penilaian yaitu : excellent, very good, satisfactory, marginal and poor. Naa kita inginnya bagaimana mencapai tingkat y ang satisfactory ke atas. Pentingnya penilaian performance menurut ibu Mariana antara lain: Mencerminkan kesiapan bertemu orang lain, Mendukung karir (diri sendiri dan pasangan), Menambah rasa percaya diri, Mencerminkan kelas sosial dan Menciptakan kesan yang ingin ditampilkan.

 

Acara berlangsung sangat seru, meriah dan antusias. Apalagi saat tutorial make up sederhana. Sebelum acara semua peserta diwajibkan foto selfie, begitu juga setelah acara, untuk mengetahui hasil before and after. Dari sini akan tampak bagaimana perubahan percaya diri peserta, dan semua merasa puas dengan hasil make up mereka sendiri untuk ke kantor.

 

Next, acara ini akan terus diagendakan dengan cakupan peserta yang general yaitu perempuan dan laki-laki. Semoga bermanfaat….

Rina Irawati
CC STIE Malangkucecwara